Hari Ibu

selamat hari ibu girls...
senangnya ada hari ibu. berarti nanti setelah kita menjadi ibu pasti bangga banget.

gue sayang banget sama  ibu sebagai mana layaknya anak yang berbakti kepada ibunya.
banyak hal absurd yang menghiasi warna hari-hari gue bersama ibu.
entah itu sedih, senang atau bercanda.
kita lewati bersama. hiks!

gue kagum sama semua orang wanita yang ada di sekeliling gue:
1. bu mariasih
           bu mariasih ini guru pkn merangkap guru sosiologi (di sekolah gue guru sosiologi cuma 2 c-{-)
gue suka sama cara dia ngajar, walau gue suka dag dig dung ser klo dia udah bilang 'oke baiklah kalo ga ada yang mau nanya saya panggil dari absen aja. fitria' waduh nama gue tuh.
gaya ngajarnya dia yang kasual, kritikal, sophisticated banget. buat gue suka!. walaupun rada menyebalakan. menurut gue opini kitakan beda-beda masa harus disamain sama seorang guru merangkap dosen dan lagi nerusin S3-nya ya jelaslah otak kita anak SMA yang baru tau sosio artinya itu teman/kawan dan logi itu ilmu. udah ko'id duluan klo di adu duel sama otaknya bu mariasih.

            klo kita berpendapat A dan bu mariasih berpendapat B. pasti tu guru akan ngebawa kita terjerembab dengan alasan yang juga masuk akal. so, kita pasti nurutin pendapat doi yaitu B (supaya urusannya ga tambah panjang).

             bu mariasih ini selalu melihat kedepan + terobsesi sama dosen tepatnya profesor UI yang melembaga itu.. gue lupa siapa namanya yang jelas profilnya pernah di update di buku sosiologi SMA kalian (yang jelas bukan selo sumardjan).

             klo pagi-pagi dia dateng dan turun dari mobilnya.gue pasti bilang gini sama temen gue yang lagi duduk di samping gue. 'eh..eh.. tanyain dong gue lagi ngeliatin apa?' tanya gue ke temen 'emang lu lagi ngeliatin apaan?' jawab temen 'lagi ngeliatain masa depan gue' sambil nunjuk bu mariasih. 'hehehe' jawab temen.

              pernah suatu hari dia cerita. doi ngajar di kelas 9 jam dan dari jam 3 sore hingga jam 9 malem doi ngampus. it'great girls. blom lagi sama macet-macetnya dia pulang bisa sampe jam 11 atau mungkin tengah malem. pagi harinya sebelum jam setengah 7 dia harus udah ada di sekolah. doi tangguh banget :O

              cita-cita gue bukan jadi guru atau dosen tentunya. tapi, semangat gue untuk terus maju dan sekolah yang setinggi langit (bukan untuk memperbanyak title di belakang nama) tapi untuk mencari ilmu. kenapa gue suka sama doi? ga hanya semua yang udah gue ceritain diatas. tapi, karena bintangnya sama kayak gue *pisces*. setiap gue ketemu berasa take the future nya dapet banget.

2. tante gue
             tante gue orang yang paling top BGT. kita semua (gue, nyokap, bokap, abang sama mbak gue) keliling ITC mangga dua dari lantai paling atas sampai yang paling dasar cuma doi doang yang ga ada checkmate-nya. ini membuat gue yakin klo doi adalah wanita tangguh. tapi klo marah serem bok >.<

             misal lagi belanja dan barangya lecet atau cacat dikit langsung minta diganti sambil marahin selesnya
'saya ga mau tau cari yang baru atau saya ga jadi beli' begitu. dan gue juga berpikir keras, pembeli adalah raja. udah beli barang mahal-mahal masa berakhir dengan ketidakmaksimalan barang setelah di coba di rumah. mungkin barangnya belum setahun udah ko'id duluan. padahal seles juga punya motto 'kepuasan anda  adalah kepuasan kami'  (itu motto pernah gue baca dimana yak?) begitu toh. wajar aja tante gue suka begitu. udah gitu pulang kantor sendirian, macet-macetan sendirian. punggung pegel-pegel. kaki pada encok. untungnya doi pake matic ga kebayang klo keadaan dia nginjek kopling dan rem terus-menerus. (ga tega T_T) dan end up-nya doi WA atau sms gue 'fi.... badan ku ga enak' atau BBM abang gue 'besok temenin ya berobat' biar bisa disupirin wuhuyyy........ (gue ga mau klo diajak berobat doang)
              tapi, gue amat salut dengan ketegaran doi ^^

3. para mbak-mbak gue
              mbak gue udah punya anak satu dan dia tiap hari ngantor. gue sempet sedih sih ngeliat tulisan yang di tempel di almarinya. sebelumnya gue si pernah baca, yang intinya percakapan sang bayi dengan ALLAH. bayinya bertanya 'kenapa aku harus datang ke bumi? padahal aku senang bermain di surga mu ini ya ALLAH' ALLAH menjawab 'karena ada sesorang yang akan menyayangimu dan menjagamu di bumi' bayi pun bertanya 'siapa gerangan ya ALLAH?' ALLAH menjawab 'seorang yang nanti akan kau sebut sebagai ibu'. kurang lebih si begitu karena gue sedikit lupa percakapannya agak puanjangg. tapi, lo bisa kok nyari di google. pertama kali gue baca gue nangis sejadi-jadinya. dan pertama kali gue liat tulisan itu terpampang indah di almari mbak gue. gue tersenyum penuh arti :)

                waktu gue main ke rumahnya saat liburan. kebetulan dia ngantor gue sangat kecewa seharusnya mbak gue itu libur juga dong kan gue kesana buat liburan. tetapi, its okey itu bukan salahnya. suara motor tanda kedatangannya tiba sambil teriak 'fi... tolong bantu mbak' gue kira dia jatoh atau kenapa, lalu gue jawab 'iya' gue samperin tuh 'kenapa?' mbak gue malah ngasih cooler bag nya dan sebungkus makanan ringan buat gue tentunya.cooler bag selain untuk menaruh minuman dingin juga sebagai media untuk menyimpan susu ASI.

                mbak gue selalu ngasih susu ASI exclusive buat sang keponakan tersayang gue (cepet gede ya supaya kita bisa jalan-jalan berdua, berdua aja. nobody else). hebat gitu yah udah ngantor, menyepatkan sedot ASI di kantor dan pulang-pulang tinggal diminum oleh keponakan tersayang. itulah power of mother.

                nah klo ini adalah mbak ipar gue yang sedang hamil 8 bulan. tapi, masih tetep ngantor. mungkin supaya gajinya ga kepotong. hehe. tapi, dia hebat loh mau menyepatkan lari pagi bareng gue. yah ga setiap hari dan se-sering mungkin paling 2 minggu sekali. barusan kita baru aja belanja dan kebutulan lagi ada promo jam disney. belanja kelipatan 300rb harga jamnya jadi 30rb. gue heran harga jam aslinya emang berapa? ga sesuai dengan gambar yang mejeng di iklan. ternyata tuh jam ga segede HP gue.

                 mbak gue nanya 'ini jamnya?' dengan keadaan shock berat. 'peres' celetuk gue. 'buseet, alarm hp aja biasa ga bangun apalagi jam sekecil biji jagung ini. tambah ga bangun-bangun' ucap mbak gue sewot sampai matanya nyaris jatoh. tetapi, sales tetep punya seribu cara buat mengatasi itu dengan ngasih lunch box berukuran sedang dan bertuliskan bimoli diatasnya. (elah, seharusnya ngasih lunch box yang harganya 50rb dengan gambar hello kitty diatasnya) mbak gue nanya 'mau beli ga dek?' gue heran kenapa sih orang dewasa terlalu sering banget nanyain hal itu kepada seorang anak kecil (gue anak paling kecil di keluarga) emang gue punya tampang mupeng apa??

                   dari pada 30rb buat beli jam yang ga jelas mending beli topi buat foto BT gue nanti ^^. tapi, karena unyu jadi sayang banget klo dilewatin akhirnya gue jawab 'yaudah deh'
sampai di parkiran nunggu abang gue dateng ngejemput. nyokap gue ngecek 'ini kok lunch boxnya bolong?' mbak gue liat 'wah ganti ga nih dek?' mbak gue udh ngeloyor duluan kedalem. karena gue anak yang patuh atas peritah atasan (abang gue) yang selalu mengandalakan gue akhirnya gue kejar dan ninggalin nyokap.lagi pula gue takut mbak gue sampai kenapa-napa di jalan.

                      gue menyejajari jalan di samping mbak gue. mabak gue nanya 'nanti kita bilang apa sama mbaknya?' belum sempet gue jawab, mbak gue langsung nyerocos 'hmm. mbak boxnya bolong bisa dituker ga? klo ga bisa juga gapapa tapi boxnya buat mbak aja ya. saya ga mau' gue langsung manggut-manggut 'cerdas'.

                      sampai di depan kasir kami menemui mbak seles yang ngasi box dan mengantinya dengan box kecil (yang gue rasa cuma bisa jadi tempat sambel) dengan bertuliskan sari murni dan ada sunlight didalamnya. kata mbak gue 'mungkin sunlightnya buat minta maaf ke kita dek' gue nyerocos 'ini kan sari murni seharunya dikasih teh ngapa di kasih sunlight?. mbak gue 'oh iyaiya. ah sudahlah biarkan saja. oiya seharusnya struck ini bisa buat parkir nih dek. tapi, karcisnya di mamas. males balik lagi, keringtan gue dek' walaupun dia hamil dia bela-belain buat samperin selesnya buat ganti lunch box sampai di dalem mall yang dingin pun ia masih tetap keringetan. benar-benar wanita tangguh

4. terakhir nyokap gue.
                       kenapa gue menempatkan posisi nyokap gue terakhir. karena ia adalah salah seorang yang gue ga bisa ucapkan dengan kata-kata. speachless. ga ada kata lain yang gue ucapkan selain terimakasih banyaaaakkk banget dan selalu berdoa buat keselamatanmu, kebahagiaanmu dan gue berusaha untuk menyenangkan nyokap. sejauh ini gue deket banget sama nyokap lebih dekat dari seorang kakak sama adeknya (kelas 10 gue jarang banget ada di rumah) kelas 11 dan 12 gue banyak sharing ke nyokap. waktu gue SD dan SMP gue gengsi banget buat meluk ibu, bercanda ataupun ngajak ibu buat pergi jalan-jalan.


                        nyokap gue yang sekarang, pengertian tau apa yang gue butuhin. dan so far gue ga gengsi buat nyium pipi nyokap gue. tadi gue nonton we sing for you, dencernya nari diantara para nyokap. nyanyi bahasa kalbunya krisdayanti dan hebat-nya tangga. gue nangis sejadi-jadinya lebih parah lagi nyokap yang ada di tivi, nangisnya kejer gitu. nyokap gue bilang 'hehe itu ibunya nangis'. padahal gue yang duduk di depan nyokap juga nangis. gua ga berani noleh kebelakang takut dikatain cengeng. lalu nyokap gue ngelus rambut gue. gue malah nangis sejadi-jadinya. di hari ibu ini gue ngga ngelakuin hal yang istimewa buat nyokap. hampir tiap tahun sih. eh nggak deng pernah waktu SD gue ngehadiahin nyokap gue bross. walaupun imitasi sih. habis waktu kecil gue bisa apa? jalan ke mall pun gue ga mampu.

                         nyokap itu adalah yang terhebat buat gue walaupun ada nyonya mener yang berdiri sejak 1812 (ga kalah hebat sama nyokap gue) nyonya mener berdiri sambil bawa jamu sedangkan nyokap gue berdiri sambil ngegendong ke-3 anaknya, itu aja sungguh luar biasa buat gue. waktu hamil sering bawa-bawa gue kemana-mana selam 9 bulan dan gue rasa badan gue berat banget.

                          walaupun hari ini ga ada adegan istimewa buat ibu... tapi, aku akAn berusaha buat ibu ga nangis. semoga jokes yang pernah aku lontarkan ngebuat ibu tau kalo aku sayang banget sama ibu. teori yang pernah dilontarkan dari orang lain dan pernah ngebuat sakit hati ibu. tetapi, asal ibu tau ada aku yang akan selalu ngebelain ibu. GOD BLESS YOU

Komentar